Mengenal Ragam Kuliner Khas Aceh

1 min read

Aceh adalah provinsi di ujung barat Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Dikenal dengan masakan yang kaya akan rempah dan rasa yang kuat, kuliner Aceh sudah melegenda di Indonesia. Makanan khas Aceh memiliki berbagai macam hidangan yang unik dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan.

Salah satu makanan khas Aceh yang terkenal adalah mie Aceh. Mie ini berbeda dengan mie pada umumnya karena terbuat dari campuran tepung terigu dan telur serta dibuat dengan cara diulek. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang kental dengan tambahan daging sapi, udang, atau kepiting membuat mie Aceh menjadi hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Aceh.

Tidak hanya mie Aceh, masih banyak hidangan tradisional Aceh yang patut dicoba, seperti nasi goreng Aceh, kuah beulangong, dan sate matang. Kuah beulangong adalah hidangan berkuah pedas yang terbuat dari campuran daging sapi atau kambing, rempah-rempah, dan cabai. Sementara itu, sate matang terbuat dari daging sapi atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Tidak hanya itu, makanan khas Aceh juga memiliki variasi minuman yang sangat lezat, seperti kopi Aceh dan teh susu tarik. Teh susu tarik Aceh yang dicampur dengan gula merah memberikan rasa yang khas dan sangat lezat. Sedangkan kopi Aceh, memiliki rasa khas yang kuat dan aroma yang sangat menarik.

Itulah beberapa ragam kuliner khas Aceh yang wajib dicoba. Dengan cita rasa yang khas dan unik, kuliner Aceh bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia. Jangan lupa mencoba berbagai hidangan Aceh saat berkunjung ke provinsi ini.

Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan mie khas Aceh yang terbuat dari campuran tepung terigu dan telur. Hidangan ini dibuat dengan cara diulek dan disajikan dengan kuah kental dan berbagai macam bahan seperti daging sapi, udang, atau kepiting. Rasanya yang gurih dan rempah-rempah yang khas membuat mie Aceh menjadi hidangan yang lezat dan terkenal di Indonesia.

BACA JUGA:  Rasakan Sensasi Pedasnya Sambal Goreng Krecek di Jogja
Mie Aceh

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah hidangan berkuah pedas yang terkenal di Aceh. Kuah ini terbuat dari campuran daging sapi atau kambing yang dimasak dengan rempah-rempah dan cabai. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi atau roti canai sebagai pengganti nasi. Rasanya yang pedas dan kaya rempah membuat hidangan ini sangat cocok untuk disantap saat cuaca sedang dingin.

Kuah Beulangong

Sate Matang

Sate Matang adalah hidangan sate khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan bumbu kacang. Hidangan ini sangat populer di Aceh dan biasanya disajikan bersama ketupat atau nasi. Rasa kacang yang khas dan daging yang empuk membuat sate matang menjadi hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat Aceh.

Sate Matang

Kopi Aceh

Kopi Aceh adalah salah satu jenis kopi yang terkenal di Indonesia. Kopi ini tumbuh di wilayah Aceh dan memiliki rasa yang khas serta aroma yang sangat menarik. Kopi Aceh biasanya disajikan dengan cara diseduh dan diminum dengan tambahan susu atau gula. Bagi pecinta kopi, mencoba kopi Aceh adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Kopi Aceh

Teh Susu Tarik

Teh Susu Tarik adalah minuman khas Aceh yang terbuat dari campuran teh dan susu yang dicampur dengan gula merah. Rasanya yang manis dan aroma gula merah membuat minuman ini sangat lezat dan cocok untuk disajikan sebagai minuman penutup setelah menyantap hidangan khas Aceh.

Teh Susu Tarik

Dengan beragam hidangan khas Aceh yang lezat dan unik, mencoba kuliner Aceh bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencoba berbagai macam hidangan dan minuman khas Aceh saat berkunjung ke provinsi ini. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *