Cara membuat rendang daging yang lezat dan khas

1 min read

Masakan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas ini, menjadi salah satu makanan yang paling populer di Indonesia bahkan di dunia. Tidak hanya lezat, rendang daging juga mempunyai daya tahan yang lama, sehingga cocok dijadikan hidangan untuk berbagai acara.

Namun, bagi sebagian orang, membuat rendang daging yang lezat dan khas bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah sedikit saja dalam memilih bahan atau cara memasaknya, rendang daging bisa gagal dan tidak enak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat rendang daging yang lezat dan khas dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

Sebelum kita mulai, mari kita kenali terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang daging. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging sapi, santan kental, serai, daun salam, daun jeruk, asam jawa, bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, dan garam. Jangan khawatir jika bahan-bahan ini sulit ditemukan, kamu bisa mencarinya di pasar atau toko-toko terdekat. Tanpa berlama-lama lagi, simak langkah-langkah cara membuat rendang daging yang lezat dan khas di bawah ini.

Mempersiapkan Bahan

Mempersiapkan bahan

Langkah pertama dalam membuat rendang daging adalah mempersiapkan bahan. Pertama-tama, bersihkan daging sapi dari kulit dan lemak yang berlebih. Kemudian potong-potong daging sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan cabe merah dengan blender atau ulekan.

Membuat Bumbu Rendang

Setelah bahan-bahan sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu rendang. Tumis bumbu halus yang sudah dibuat tadi hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai yang sudah diambil bagian putihnya dan dimemarkan. Aduk hingga bumbu merata dan harum.

BACA JUGA:  Resep sayur asem yang enak dan segar

Memasak Daging Sapi

Setelah bumbu rendang sudah matang, masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan dan aduk hingga daging tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya, lalu masak daging hingga air menyusut dan daging mulai empuk. Selanjutnya, tuangkan santan kental ke dalam wajan dan masak dengan api kecil sambil diaduk hingga kuah rendang menjadi kental dan daging empuk benar-benar empuk dan meresap bumbu rendang.

Mematangkan Rendang

Setelah kuah rendang sudah kental dan daging sudah empuk, masukkan asam jawa ke dalam wajan untuk memberikan rasa asam yang segar. Aduk hingga rata dan masak lagi hingga kuah rendang meresap dan daging matang sempurna. Rendang daging yang lezat dan khas siap dihidangkan!

Itulah cara membuat rendang daging yang lezat dan khas. Meskipun langkah-langkahnya terlihat banyak, namun sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan asalkan kita mengikuti setiap langkah dengan teliti dan benar. Selain itu, jangan lupa untuk memilih bahan yang berkualitas dan segar agar rendang yang dihasilkan juga enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *